30 Apr 2011

GUNUNG CIKURAY

Posted by Kemem Rider at 03.00
Bagi anda yang suka berpetualang atau melakukan pendakian, Gunung Cikuray bisa jadi pilihan. Karena di setiap perjalanan menuju Gunung Cikuray kita akan melihat pemandangan hutan yang masih asri dan alami. Dan ketika sampai puncak pendaki akan disuguhkan pemandangan yang mungkin berbeda dengan pemandangan di puncak gunung lain, karena kalau kita berdiri di puncak gunung ini pandangan mata kita akan sangat jelas melihat sekeliling gunung yang berada di Kabupaten karena tidak ada pohon ataupun bangunan yang menghalangi pandangan, dan banyak orang yang memanggil puncak Gunung Cikuray dengan Sebutan negri di atas awan karena awan berada di bawah kita. Sebaiknya  pendaki mencapai puncak pada dini hari karena ketika matahari terbit, pemandangannya mungkin tidak akan pernah bisa dilupakan.

Gunung cikuray adalah salah satu gunung tertinggi yang ada di provinsi jawa barat. Gunung cikuray berada di kabupaten Garut, jawa barat, Indonesia.  Ketinggian gunung Cikuray mencapai 2.818 di atas permukaan laut. Beberapa naskah kuno menyebutkan gunung ini adalah pusat pertapaan para pendeta dan kegiatan tulis menulis kerajaan padjadjaran. Bukti-bukti tertulis mengenai mandala ini masih tersimpan di sebuah cagar budaya “Ciburuy” di Kecamatan Cigedug.
Untuk mencapai Cikuray dapat ditempuh dengan naik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari terminal kota kita dapat naik angkutan kota nomor 06 jurusan Garut – Cilawu dan turun di portal perkebunan teh nusantara (PTPN) VIII atau Dayeuh Manggung. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 10 km menuju pemancar beberapa stasiun televisi sebagai titik awal pendakian.
Atau bisa gunakan 2 jalur pendakian lain yg biasa digunakan  (Cikajang & Bayongbong). Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak.

0 comments:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 Cakrabuana | Design by Kenga Ads-template